Indonesia terpilih menjadi anggota dewan IPDC UNESCO

id UNESCO, transformasi digital, IPDC,paris, perancis

Indonesia terpilih menjadi anggota dewan IPDC UNESCO

Acara Konferensi Umum UNESCO ke-42 di Paris, Perancis, Kamis (16/11/2023). (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Indonesia terpilih menjadi anggota Dewan International Programme for the Communications Development (IPDC), badan subsider dari Organisasi Perserikatan Bangsa-bangsa untuk Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan (UNESCO) pada komisi Komunikasi dan Informasi, untuk periode 2023-2027.

Hal itu diumumkan dalam Konferensi Umum UNESCO ke-42 di Paris, Prancis pada Kamis (16/11) waktu setempat.

“Indonesia berkomitmen untuk terus berpartisipasi aktif, berdialog dan bekerja sama dengan negara-negara anggota lainnya dalam merespons isu perkembangan media dan teknologi dan penciptaan kebijakan komunikasi dan media di forum UNESCO,” kata Delegasi Tetap Republik Indonesia untuk UNESCO Mohamad Oemar dalam keterangan yang diterima, Jumat.

Bersama Thailand, Indonesia menjabat sebagai anggota Dewan IPDC mewakili Kelompok Regional IV dari kawasan Asia Pasifik.

Oemar mengatakan sebagai anggota dewan IPDC, Indonesia dapat mengambil peran strategis dalam menavigasi transformasi media dan kebijakan digital melalui UNESCO.

Indonesia akan berpartisipasi menentukan saran kebijakan, pemantauan dan visi kebebasan berekspresi, akses terhadap informasi, dan transformasi digital, untuk memastikan kebebasan fundamental dijamin secara daring dan luring, sejalan dengan standar internasional.

Dewan IPDC juga memiliki tanggung jawab dalam mengawasi perkembangan program komunikasi dan informasi UNESCO untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Salah satu prioritasnya adalah menangani isu-isu kebijakan media, terutama terkait transparansi internet dan keberlanjutan media, pemberdayaan lembaga pendidikan jurnalisme dan memastikan keselamatan jurnalis.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Indonesia terpilih jadi anggota dewan IPDC UNESCO

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE