Pakar imbau para orang tua untuk melengkapi vaksinasi pada anak

id vaksinasi anak,dokter anak, RSCM, FKUI,kesehatan anak

Pakar imbau para orang tua untuk melengkapi vaksinasi pada anak

Petugas medis Dinas Kesehatan Kendari mempersiapkan suntikan PCV untuk balita di Pos Pelayanan Keluarga Berencana di Kecamatan Baruga, Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (12/12/2023). Kementerian Kesehatan menetapkan vaksin pneumococcus konyugasi (PCV) ke dalam program imunisasi rutin untuk melindungi dan mencegah kematian pada anak-anak akibat pneumonia, yaitu peradangan paru paru yang disebabkan oleh infeksi. ANTARA FOTO/Jojon/wpa.

Jakarta (ANTARA) - Ahli Tumbuh Kembang Anak dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, dr Angga Wirahmadi mengimbau para orang tua untuk melengkapi vaksinasi pada anak guna melindungi mereka dari penyakit berbahaya.

"Kalau imunisasi anak kita tidak lengkap, segera datang ke Puskesmas, bidan, klinik, atau rumah sakit terdekat untuk diimunisasi. Kejarlah imunisasi, karena lebih banyak manfaat yang akan didapatkan," katanya dalam diskusi mengenai imunisasi pada anak yang diikuti secara daring di Jakarta, Jumat.

Angga mengemukakan imunisasi pada anak dapat mencegah anak dari kematian serta mengurangi rasa sakit yang lebih parah, yang diakibatkan oleh penyakit berbahaya, yang seharusnya dapat dicegah melalui vaksin.

Baca juga:
Bermimpi usai istikharah, Muhaimin ziarah ke makam Bung Karno

Mahfud Md janji usahakan biaya haji murah dan daftar tunggu cepat

Prabowo sebut Raffi Ahmad sahabat setia


Tidak hanya bermanfaat bagi anak yang diimunisasi, lanjutnya, manfaat juga dapat dirasakan oleh anak lainnya yang mengalami kondisi tertentu, seperti penderita autoimun, HIV, ginjal, dan penyakit komorbid lain yang menghalanginya untuk diimunisasi dengan membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity.

"Juga memberikan manfaat kepada lansia kita. Kalau kita ingat pandemi COVID-19, yang sering menjadi korban adalah lansia. Kalau kita melindungi anak dengan imunisasi, anak tidak akan membawa penyakit ke rumah, sehingga tidak akan menularkan kepada kakek-neneknya," ujarnya.

Angga menyatakan imunisasi aman untuk dilakukan, karena telah teruji di seluruh dunia. Diketahui, Indonesia bukan satu-satunya negara yang melakukan imunisasi wajib. Terdapat sekitar 180 negara yang menerapkan kebijakan yang sama.

Baca juga:
Kepri tawarkan investasi di forum regional Outlook S Rajaratnam

Target retribusi sampah Kota Tanjungpinang 2023 hanya tercapai 38 persen

Destinasi wisata ekstrem jadi potensi baru pikat wisman ke Batam



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pakar imbau orang tua untuk melengkapi vaksinasi pada anak

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE