Pemkab Natuna ciptakan Sipantas untuk cegah stunting

id Sipantas ,Sipenting,Natuna,Stunting ,Calon pengantin

Pemkab Natuna ciptakan Sipantas untuk cegah stunting

Peluncuran Sipantas di Kantor Bupati Natuna pada Rabu (19/6/2024). (ANTARA/HO-Pemkab Natuna)

Natuna (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Provinsi Kepulauan Riau menciptakan Sistem Informasi Pasangan Berkualitas (Sipantas) guna mencegah stunting di daerah itu.
 
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Natuna Sri Riawati saat dihubungi melalui sambungan telepon dari Natuna, Kamis, mengatakan Sipantas bisa diakses melalui website Sipantas.

Ia mengatakan website berfungsi sebagai wadah informasi untuk pasangan calon orang tua dan masyarakat umum terkait dengan cara menjadi orang tua dan pasangan hidup yang baik.
 
Ia menyebut penggunaan Sipantas sudah diluncurkan oleh Bupati Natuna Wan Siswandi pada Rabu (19/6).
 
"Sipantas diutamakan untuk calon pengantin yang akan menikah, tapi masyarakat bisa juga mengaksesnya," ucap dia.

Menurut dia, inovasi tersebut merupakan salah satu langkah konkret yang dibuat oleh Pemkab Natuna dalam mencegah stunting.
 
"Untuk jangka pendek kita akan sosialisasikan (Sipantas) ke tim pendamping keluarga dan penyuluh agama di kecamatan terdekat, untuk enam bulan ke depan akan kita sosialisasi ke kecamatan lain," ujar dia.
 
Ia menjelaskan pencegahan stunting salah satu fokus Pemkab Natuna.

Hal itu, katanya, dibuktikan dengan beberapa kegiatan yang telah dilakukan, mulai dari penciptaan Sistem Informasi Perencanaan Terpadu Cegah stunting (Sipenting) pada 2023, Sipantas, intervensi serentak pencegahan stunting dan beberapa program pencegahan stunting lainnya di setiap organisasi perangkat daerah (OPD).
 
"Mudahan melalui aplikasi Sipantas ini kita Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna bisa menekan angka stunting dengan memberikan informasi-informasi berkualitas kepada calon pengantin yang nanti akan melahirkan keturunan," kata dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE