Warga Pekajang Minta Kompensasi Timah Naik

id Warga,Pekajang,Minta,Kompensasi,Timah,Naik

Saya sudah menyampaikan kepada Bapak Darwis, Direktur PT Citra Persada Mulia (CPM) yang beroperasi di perairan Pekajang, namun masih belum mendapat keputusan pasti
Lingga (Antara Kepri) - Warga Desa Pekajang Kabupaten Lingga minta perusahaan penambang timah lepas pantai yang beroperasi di sekitar perairan desa tersebut, menaikkan nilai kompensasi hasil produksi menjadi Rp3.500/Kg.

Kades Pekajang, Siman yang dihubungi dari Daik Lingga, Jum'at (21/10) mengatakan, keinginan warganya tersebut telah ia sampaikan kepada pihak perusahaan dan pemerintah daerah.

"Saya sudah menyampaikan kepada Bapak Darwis, Direktur PT Citra Persada Mulia (CPM) yang beroperasi di perairan Pekajang, namun masih belum mendapat keputusan pasti," kata dia.

Menurutnya, harapan masyarakat menerima dana kompensasi hasil produksi timah dari Rp1.000/kg naik menjadi Rp3.500/kg cukup wajar.

"Kalau dibandingkan dengan desa tetangga kita di Provinsi Bangka Belitung, masyarakat desa menerima kompensasi hasil produksi timah sebesar Rp 5.000/kg. Itupun diluar kewajiban DKTM," ungkapnya.

Selama ini, masyarakat paling selatan Provinsi Kepri ini cukup menyambut baik keberadaan investasi di wilayah desanya.

Namun kompensasi yang diterima desa atas pemanfaatan kekayaan mineral timah tersebut sangat kecil, sehingga belum mampu memberikan kontribusi terhadap pembangunan desa.

"Kalau tidak dinaikkan, kami sulit membangun desa kami. Dari total jumlah masyarakat kami 147 KK, hanya satu orang yang bekerja di kapal isap timah milik PT CPM. Dana kompensasi adalah hal satu-satunya yang diharapan masyarakat menikmati keberadaan investasi ini," terangnya.

Usulan kenaikan kompensasi hasil produksi timah ini juga turut ia sampaikan kepada Bupati Lingga.

Bupati, kata Siman, cukup menyambut baik dan mengharapkan masyarakat sedikit bersabar serta tetap menjaga hubungan kerjasama yang baik dengan pihak perusahaan.

"Bupati saat ini sedang merumuskan perubahan Perbup tentang kompensasi. Kami sangat berharap, kenaikan ini disetujui pihak perusahaan segera," tutupnya. (Antara)

Editor: Evy R Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE