Pemerintah inginkan IWO aktif dalam kegiatan pelatihan jurnalis

id iwo tanjungpinang,pelantikan ikatan wartawan online tanjungpinang

Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah bersama Forkopimda dan pengurus IWO saat pelantikan IWO Tanjungpinang periode 2017-2022 di Tanjungpinang. (Antaranews Kepri/Aji Anugraha)

IWO mampu memberikan warna untuk pemberitaan 'online' di Tanjungpinang, dan mampu menyajikan berita yang berimbang, positif, informatif dan mengedepankan kode etik jurnalistik

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Pemerintah Tanjungpinang menginginkan sejumlah pewarta di kota itu, yang tergabung dalam Ikatan Wartawan Online (IWO) dapat bekerja sama dengan pemerintah setempat dengan aktif menggelar pelatihan-pelatihan jurnalistik. 

"IWO mampu memberikan warna untuk pemberitaan 'online' di Tanjungpinang, dan mampu menyajikan berita yang berimbang, positif, informatif dan mengedepankan kode etik jurnalistik," kata Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah saat kata sambutan pelantikan pengurus IWO Tanjungpinang periode 2017-2022. 

Lebih kurang 29 pengurus IWO Tanjungpinang resmi dikukuhkan oleh Ketua Umum IWO Jodhi Yudono yang digelar di Aula Gedung Bulang Linggi, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang, Rabu. 

Lis Darmansyah mengatakan dengan aktif memberikan pemahaman jurnalistik untuk para pewarta, IWO sebagai organisasi profesi menjadi sarana untuk meningkatkan nilai berita yang layak dikonsumsi masyarakat. Pemerintah setempat siap memfasilitasi IWO. 

"Ke depan Pemkot Tanjungpinang harus menjalin kerja sama dengan IWO, untuk membuat pelatihan-pelatihan guna menunjang kualitas wartawan, terutama wartawan online," ujarnya. 

Ketua Umum IWO Jodhi Yudono mengatakan, para pengurus maupun anggota IWO Tanjungpinang yang baru saja dilantik agar dapat menjadi pelopor dalam menangkal pemberitaan-pemberitaan 'hoax' nantinya. 

Ia menjelaskan, wartawan online yang tergabung di dalam IWO Tanjungpinang, harus menjaga independensi di dalam menjalankan tugas sebagai wartawan online. 

"Yang selalu dijaga seorang wartawan adalah independensinya di dalam menjalankan tugas, maka dari itu anggota dan juga pengurus IWO Tanjungpinang agar dapat menjaga independensi nya masing-masing," jelasnya. 

Sementara Ketua IWO Tanjungpinang, Iskandarsyah yang baru saja dilantik, sangat berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung penyelengaraan pelantikan IWO Tanjungpinang, sekaligus terselenggaranya pelatihan jurnalistik. 

"Saya menggucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya pelantikan IWO Tanjungpinang," ucapnya. 

Ia mengutarakan ke depan IWO akan terus berupaya membuka peluang-peluang pelatihan dan pembekalan untuk jurnalis di kota itu. 

"Ini untuk meningkatkan mutu dan kualitas pemberitaan para wartawan yang bekerja di sejumlah perusahaan pers, sesuai dengan misi IWO," ungkapnya. 

Editor: Rusdianto 

Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar