Nyat Kadir sosialisasi 4 pilar di Karimun

id sosialisasi 4 pilar kebangsaan,nyat kadir

Nyat Kadir sosialisasi 4 pilar di Karimun

Anggota DPR Nyat Kadir menyosialisasikan 4 pilar kebangsaan kepada berbagai kelompok masyarakat di Karimun, Sabtu (10/3). (Antaranews Kepri/Nursali)

Karimun (Antaranews Kepri) -Anggota DPR RI Fraksi Nasdem, Nyat Kadir, menggelar sosialisasi 4 pilar kebangsaan kepada masyarakat di Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu.

"Sosialisasi ini sengaja diberikan kepada masyarakat Karimun karena antusias dari pemerintah dan masyarakatnya dalam pembelajaran 4 pilar kebangsaan ini," kata dia usai kegiatan sosialisasi tersebut di Gedung Nasional, Tanjung Balai Karimun.

Empat pilar kebangsaan tersebut yaitu Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD Negara Republik Indonesia 1945 sebagai konstitusi negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Nyat Kadir mengatakan, sosialisasi 4 pilar kebangsaan sengaja digelar di Karimun, mengingat letak geografis kabupaten maritim ini berhadapan langsung dengan negara tetangga, Malaysia dan Singapura. Selain itu, kabupaten ini juga sering dijadikan tempat persinggahan kapal-kapal.

"Sehingga dengan adanya hal ini akan dapat mengancam lunturnya budaya dan nasionalisme di di tengah masyarakat," katanya.

Sudah seharusnya DPR, pemerintah dan pihak lainnya mengambil langkah persuasif untuk menjaga keutuhan NKRI, mengingat saat ini ditengarai adanya upaya-upaya menghilangkan rasa nasionalis di kalangan generasi muda.

Senada dengan itu, Asisten III Bidang Pemerintahan, Sekretariat Kabupaten Karimun, Sensissiana menilai nilai-nilai luhur Pancasila mulai luntur dalam kehidupan masyarakat.

"Dahulu kita dari kecil sering mendapatkan pelajaran tentang pendidikan Pancasila, namun sekarang, sudah mulai berkurang, akibatnya kurangnya rasa nasionalisme pada diri sendiri," kata Sensissiana.

Kendati demikian, kata dia, pemerintah setempat terus berupaya memberikan pemahaman tentang pilar kebangsaan lewat pendidikan formal dan atau nonformal.

"Kita sampai sekarang terus berupaya memberikan pemahaman 4 pilar kebangsaan, baik lewat sosialisasi maupun dalam dunia pendidikan," katanya.

Acara sosialisasi 4 pilar kebangsaan dihadiri berbagai kelompok masyarakat, termasuk kalangan muda seperti mahasiswa, siswa, remaja, dan lainnya. Baca juga: Dwi Ria Sosialisasi 4 Pilar di Karimun

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE