Ratusan orang tua protes soal PPDB ke Disdik Tanjungpinang

id PPDB Tanjungpinang

Ratusan orang tua protes soal PPDB ke Disdik Tanjungpinang

Ratusan orang tua protes terkait PPDB di kantor Dinas Pendidikan Tanjungpinang, Kepri. (Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Ratusan orang tua calon siswa baru protes ke kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau terkait hilangnya nama anak-anak mereka di situs Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Rabu (3/7).

Muliati, salah seorang warga setempat mengatakan, pada hari pertama dan kedua pelaksanaan PPDB, nama anaknya masih terdaftar di SMP Negeri 2 Tanjungpinang, namun  pada hari ketiga nama anaknya mendadak hilang dari situs PPDB tersebut. Bahkan ketika diperiksa ke sekolah pilihan kedua yaitu SMP Negeri 7 Tanjungpinang, nama anaknya juga tidak tercantum.

"Kami bingung lalu datang SMP Negeri 2 menanyakan kejelasan, pihak sekolah mengarahkan kami ke Disdik. Disdik juga tak ada solusi, malah diminta menunggu sampai Senin tanggal 8 Juli 2019," ujarnya.

Selain diminta menunggu, kata dia, pihak Disdik juga mengarahkan agar orang tua mendaftarkan anak-anak di sekolah swasta.

"Sekolah swasta biayanya mahal, kami ini orang kecil mana sanggup. Apalagi anak yang sekolah tak hanya satu orang," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang SMP Disdik Tanjungpinang, Ellysa Purnamawaty, mengungkapkan bahwa hilangnya nama-nama peserta didik baru itu dikarenakan kesalahan input data.

Kesalahan atau ketidakcocokan data yang diinput, akhirnya membuat nama-nama tersebut terkunci oleh sistem.

"Sistem ini kan langsung terhubung ke pusat, jadi Disdik Tanjungpinang tak bisa berbuat banyak," ujarnya.

Dia mengimbau kepada orang tua calon siswa baru untuk tetap bersabar, sebab proses PPDB masih berlangsung tiga hari ke depan.

"Setelah itu baru kami akan bahas langkah apa yang akan diambil," kata Ellysa.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE