PKK Kembangkan Produk Khas Daerah

id PKK, Kembangkan, Produk, Khas Daerah, Saud, Tanjungpinang

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Potensi daerah yang memberikan ciri khas suatu wilayah, diminta oleh Ketua Umum Tim Penggerak PKK, Vita Gamawan Fauzi, untuk terus dikembangkan, terlebih lagi produk unggulan daerah yang berasal dari potensi wilayah itu sendiri.

"Saya sangat mencintai produk makanan yang berasal dari makanan khas daerah. Seperti di sini, wilayahnya dekat dengan laut yang terdapat ikan dan gonggong, ini lah potensi lokal yang harus dikembangkan," kata  Vita Gamawan Fauzi.

Ditambah lagi adanya tempat pengemasan  akan sangat membantu dalam pemasaran produk daerah tersebut.

"Jika packagingnya bagus, akan menambah nilai jual, kemudian orang akan tertarik. Jadi, seenak apapun makanan tetapi dikemas dengan tampilan biasa, maka orang tidak akan tertarik," katanya.

Menurutnya, kreatifitas sudah bagus dan perlu dikembang secara inovatif dengan cara melihat contoh produk luar.

"Pelakunya juga harus dibina oleh perindustrian dan tenaga ahli yang bisa menambah pengalaman, tidak bersifat monoton," ucap Vita.

Disampaikannya, bahwa setakat ini dukungan PKK Pusat cuma memberikan motivasi, karena tidak ada anggaran untuk itu.

"Kita hanya memberikan motivasi dan informasi, serta sosialisasi motif khas daerah untuk bidang souvenir," paparnya.

Ia juga menyarankan agar, dalam mempromosikan produk daerah seperti baju, tidak hanya menyuruh orang untuk memakainya, tetapi kita sendiri juga harus memakainya.

"Saya berharap, produk unggulan daerah, baik makanan sampai ke kerajinan dikemas lebih baik lagi, semakin kreatif dan inovatif," harapnya.

Sementara itu, ketua PKK Kabupaten Bintan, Dewi Kumalasari akan menindaklanjuti saran dari Ketua TP-PKK pusat tersebut.

"Kita sangat senang sekali, di tengah kesibukannya Ibu Vita gamawan Fauzi bisa berkunjung ke Kabupaten Bintan, pada kesempatan ini banyak masukan darinya yang tentunya akan kita tindaklanjuti untuk kegiatan yang menunjang dalam pengembangan daerah kita," papar Dewi Kumalasari.

Di antara sarannya, kata Dewi, agar memperhalus hasil kerajinan tangan.

"Insyaallah akan kita lanjutkan," ucap anggota DPRD Kepri tersebut. (Antara)

Editor: Evyu R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE