Riau terima dua unit helikopter dari BNPB

id BPBD Riau,Bantuan helikopter karhutla,Water booming

Riau terima dua unit helikopter dari BNPB

Dua unit helikopter water bombing dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau.Antara/HO-Humas BPBD Riau. 

Pekanbaru (ANTARA) - Pemprov Riau menerima dua unit helikopter water bombing dari BNPB untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerah itu.

"Kedua unit helikopter water bombing dari BNPB itu, yakni jenis Sikorsky dan Superpum dan sudah siaga tujuh helikopter dan dua di antaranya helikopter patroli siaga di Riau menghadapi karhutla seluruhnya dari BNPB," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, dalam keterangannya di Pekanbaru, Rabu.

Edy Afrizal mengatakan sebanyak tujuh helikopter water bombing dan helikopter patroli yang siaga di Bumi Lancang Kuning tersebut seluruhnya bantuan dari BNPB.

Ia mengatakan dengan adanya tambahan dua helikopter water bombing dari BNPB itu, maka akan menambah kekuatan dalam upaya pengendalian karhutla di Provinsi Riau.

Semenyara itu, sebanyak 4,8 ton garam garam telah ditabur atau disemai di langit Provinsi Riau dengan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) guna membuat hujan buatan mengatasi kebakaran hutan dan lahan.

"Lokasi penyemaian yakni di Bengkalis, Siak, Rokan Hilir, Pelalawan, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Pekanbaru, dan Kepulauan Meranti," kata Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau Jim Ghafur, Senin.

Dikatakannya, TMC telah dilakukan sebanyak enam kali sejak Kamis (10/8) lalu. Penyemaian dilakukan selama tiga hari berturut-turut dan lokasi bisa berubah sesuai dengan kondisi serta potensi awan.

"Saat ini masih tersisa 10,2 ton garam untuk disemai," tambah Jim.

Dalam tiga hari terakhir sebagian besar wilayah di Provinsi Riau diguyur hujan dengan intensitas sedang dan lebat.

Akibatnya saat ini tersisa empat titik panas (hotspot) di Riau yaitu di Kabupaten Indragiri Hulu, Senin.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Riau terima dua unit helikopter water bombing dari BNPB 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE