Riau dapat dana Rp3,5 triliun dari Pertamina

id Pemerintah Provinsi Riau,Riau,Pertamina Hulu Rokan,Riau Petrolium Rokan

Riau dapat dana Rp3,5 triliun dari Pertamina

Gubernur Riau Edy Natar Nasution saat menyampaikan jumlah penerimaan dana PI dari Pertamina. ANTARA/HO-Humas Pemrov Riau.

Pekanbaru (ANTARA) - Pemprov Riau memperoleh dana dari saham partisipasi sebesar 10 persen dari PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) dan pencairan dana diserahkan melalui PT Riau Petrolium Rokan (RPR) sebanyak Rp3,5 triliun melalui dua tahap penyerahan.

Gubernur Riau Edy Natar Nasution dalam keterangannya, Selasa mengatakan selain pemprov, sejumlah pemerintah kabupaten juga berhak atas PI 10 persen, yakni Bengkalis, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak, danKampar.

Ia mengatakan PHR memiliki kontribusi berarti untuk pemerintah daerah. Pemerintah Provinsi berupaya melanjutkan komitmen program pembangunan, karena realisasi penerimaan DBH di sektor migas dalam beberapa tahun terakhir mengalami penurunan.

"Kendati memang proses pengalihan ini membutuhkan waktu dalam tahapan produksi uji tuntas serta usaha dari para pihak yang membutuhkan waktu, tercatat 12 tahapan yang harus dilalui sebelum Menteri ESDM berkenan memberikan persetujuan pengalihan PI 10 persen pada beberapa waktu lalu," kata dia.

Sedangkan PI 10 persen adalah besaran maksimal 10 persen pada KKKS yang wajib ditawarkan oleh kontraktor pada BUMD atau BUMN. Keterlibatan daerah dalam pengelolaan WK migas melalui PI 10 persen memberikan banyak manfaat.

"Karena itu sebagai wujud komitmen kami dalam mengelola PI 10 persen di Provinsi Riau, kini Pemprov Riau sedang menyusun Peraturan Gubernur agar penerimaan PI 10 persen di Provinsi Riau ini dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan BUMD sehingga tetap bisa berkontribusi kepada industri migas, juga dapat meningkatkan pendapatan daerah," katanya.

Edy menjelaskan bahwa PI 10 persen juga akan digunakan dalam program prioritas pembangunan seperti infrastruktur, pengentasan kemiskinan ekstrem, penurunan stunting, peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat dan pengembangan UMKM Riau.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemda Riau peroleh dana Rp3,5 triliun dari Pertamina

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE