Perang Israel - Hamas meluas, Kemlu siaga evakuasi WNI di Lebanon

id Menlu Retno Marsudi,Lebanon,Perang Israel

Perang Israel - Hamas meluas, Kemlu siaga evakuasi WNI di Lebanon

Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Lalu Muhammad Iqbal dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (12/12/2023). (ANTARA/Shofi Ayudiana)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar RI di Beirut dalam keadaan siaga mengevakuasi WNI di Lebanon, menyusul perang Israel - Hamas yang meluas hingga ke Lebanon selatan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal mengatakan Kemlu dan KBRI Beirut terus berkomunikasi dengan WNI dan pasukan perdamaian Indonesia di Lebanon untuk mengetahui kapan evakuasi diperlukan.

"Sampai saat ini belum ada peringatan dari sistem kami untuk melakukan evakuasi. Namun, pada saat dibutuhkan, kami lebih dari siap untuk melakukan evakuasi saudara-saudara kita di Lebanon," kata Iqbal di Jakarta, Kamis.

Dia menuturkan konflik yang saat ini sedang berlangsung di perbatasan Israel dan Lebanon, jauh dari wilayah Lebanon itu sendiri.

Meski demikian, Iqbal mengatakan Kemlu telah menyiapkan seluruh infrastruktur yang diperlukan untuk evakuasi, termasuk kendaraan dan jalur evakuasi, kecepatan, hingga orang yang bakal memimpin proses evakuasi. Jumlah WNI di Lebanon mencapai 217 orang.

"Di seluruh KBRI, kami mempunyai rencana kontingensi apalagi di daerah-daerah konflik. Kondisinya kami siap untuk melakukan evakuasi kapan pun," kata Iqbal.

Ketegangan di perbatasan Lebanon - Israel terus meningkat setelah Hizbullah dan Israel terlibat baku tembak di perbatasan sejak 7 Oktober 2023, saat kelompok perlawanan Palestina Hamas melancarkan serangan tak terduga ke Israel.

Serangan itu menyulut konflik yang melibatkan kelompok-kelompok bersenjata lain yang bersekutu dengan Iran di seluruh kawasan Timur Tengah.

Konflik dikhawatirkan meningkat setelah petinggi Hamas, Saleh al-Arouri, terbunuh dalam serangan pesawat nirawak Israel di kantor Hamas di ibu kota Lebanon, Beirut pada Selasa malam (2/1).

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani memperingatkan pembunuhan terhadap para pemimpin Hamas pasti akan menciptakan gelombang perlawanan dan motivasi untuk melawan pendudukan Zionis, tidak hanya di Palestina tetapi juga di kawasan Timur Tengah.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Pasukan penjaga perdamaian PBB di Lebanon (UNFIL) menyuarakan keprihatinan mendalam atas kemungkinan peningkatan permusuhan setelah pembunuhan wakil kepala biro politik Hamas, Saleh al-Arouri, di Ibu Kota Beirut pada Selasa malam (2/1).

"Eskalasi ini dapat menyebabkan banyak kehancuran bagi orang-orang di kedua sisi Garis Biru," kata Wakil Juru Bicara UNFIL Kandice Ardiel kepada kantor berita resmi Lebanon NNA, Rabu.

Garis Biru adalah tembok beton yang didirikan oleh PBB pada 2000 dengan tujuan untuk mengonfirmasi penarikan pasukan Israel dari selatan Lebanon.

“Kami terus mendesak semua pihak untuk berhenti melakukan penembakan, dan kami juga mengimbau kepada semua pihak yang berpengaruh untuk mendorong tindakan menahan diri,” ujar dia.

Arouri tewas dalam serangan pesawat tak berawak Israel di Beirut selatan, menurut media Hamas dan Lebanon. Israel belum secara resmi mengaku bertanggung jawab.

Di tengah kekhawatiran akan eskalasi, bentrokan perbatasan antara pasukan Israel dan kelompok Hizbullah terus berlanjut sejak perang Israel dengan Hamas di Gaza pada 7 Oktober 2023.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Perang Gaza meluas, Kemlu siaga evakuasi WNI di Lebanon

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE