Rudi minta pelaku UMKM Batam ciptakan produk unggulan

id Kepri,batam ,UMKM,IKM,produk unggulan

Rudi minta pelaku UMKM Batam ciptakan produk unggulan

Wali Kota Batam Muhammad Rudi (kiri) dalam kegiatan silaturahmi bersama Pelaku IKM/UMKM Kota Batam TA 2024 di Grand Ballroom Pasific Palace Hotel (ANTARA/HO-Pemkot Batam)

Batam (ANTARA) - Wali Kota Batam Muhammad Rudi meminta pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menciptakan produk unggulan yang dapat mendukung pariwisata di daerah setempat. 

"Saya ingin IKM dan UMKM di Batam maju dan bisa menciptakan produk unggulan," kata Wali Kota di Batam, Kepulauan Riau, Jumat.

Ia mengajak pelaku IKM dan UMKM dapat memanfaatkan kedatangan wisatawan dalam dan luar negeri yang melancong di Batam, dengan menciptakan produk yang menarik bagi para turis.

Baca juga: Indeks inovasi Batam masuk kategori "Inovatif"

"Tugas kami bagaimana wisatawan makin banyak datang ke Batam, dan kesempatan ini harus dimanfaatkan pelaku IKM dan UMKM untuk menciptakan produk yang diminati wisatawan," kata dia.

"Keberadaan IKM dan UMKM akan memberikan dampak pada kemajuan ekonomi Batam. Kami berharap, ke depan IKM dan UMKM makin berjaya dan makin diminati," kata Wali Kota melanjutkan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam Marlin Agustina meminta pelaku IKM dan UMKM yang belum terdaftar di Dekranasda untuk segera mendaftar.

Baca juga: Pemprov Kepri siapkan Batam-Bintan untuk jadi destinasi MICE di Indonesia

"Banyak program di Dekranasda dalam memajukan IKM dan UMKM, silakan daftarkan ke Dekranasda. Kami harapkan IKM dan UMKM akan terus melaju dan lebih baik lagi ke depan," ujar Marlin.

"Kami juga berharap ke depan IKM dan UMKM bisa menghasilkan produk yang luar biasa. Saya berpesan semua pihak terus bekerya demi mewujudkan IKM dan UMKM yang maju," tambah dia.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid, mengajak para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memanfaatkan teknologi yang semakin maju dan berkembang.

Baca juga: PHRI siap perkuat ekosistem pariwisata di Indonesia

Menurutnya, kemajuan teknologi ini harus dimanfaatkan dengan baik untuk memudahkan pekerjaan, termasuk dalam melakukan pemasaran.

"Tentunya dengan digitalisasi pemasaran dapat mempermudah dan memperlancar pelaku usaha dalam melakukan pemasaran produknya,” ujar Jefridin. 

Baca juga: PHRI luncurkan platform BookingINA pada Rakernas IV di Batam

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE