Bupati Karimun: Euforia Perayaan Kemerdekaan Harus Positif

id Bupati Karimun, Aunur Rafiq, rayakan HUT RI ke-72, cara-cara yang posisif.

Berbagai macam kegiatan yang digelar untuk memperkukuh rasa kebangsaan dan semangat persatuan. Di hari kemerdekaan ini, mari kita isi dengan kegiatan yang positif
Karimun (Antara Kepri) - Bupati Karimun, Kepulauan Riau, Aunur Rafiq mengimbau kepada seluruh masyarakat agar merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 dengan cara-cara yang posisif.

"Saya imbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Karimun untuk tidak terlalu euforia dalam merayakan hari kemerdekaan. Hendaknya perayaan ini dilakukan dengan cara yang positif dan penuh rasa syukur," katanya usai upacara Detik-detik Proklamasi di Tanjung Balai Karimun, Kamis.

Aunur mengatakan, pemerintah daerah menggelar berbagai macam kegiatan dalam merayakan hari kemerdekaan, dan masyarakat dipersilakan untuk berpartisipasi dalam pesta rakyat itu.

"Berbagai macam kegiatan yang digelar untuk memperkukuh rasa kebangsaan dan semangat persatuan. Di hari kemerdekaan ini, mari kita isi dengan kegiatan yang positif," kata dia.

Selain perayaan yang digelar pemerintah setempat, masyarakat juga diperkenankan untuk mengikuti atau menggelar kegiatan serupa namun dengan tujuan yang sama tanpa melakukan hal-hal yang negatif.

"Kami tidak menginginkan masyarakat Karimun merayakan hari yang bersejarah ini dengan hal-hal yang negatif. Silahkan masyarakat Karimun menggelar kegiatan, acara atau apapun, namun dengan acara yang positif," katanya.

Dalam acara yang digelar pemerintah daerah setempat ini nantinya akan turut sertakan permainan rakyat seperti hiburan terbuka untuk masyarakat luas, bersamaan dengan itu, perayaan yang sama juga digelar pihak-pihak lainnya, baik masyarakat maupun swasta.

Di lain kesempatan, Danlanal Tanjung Balai Karimun, Letol Laut (P)  Totok Irianto mengataan pihaknya tidak akan memberikan peluang terhadap para penyelundup dan pelaku kejahatan di laut untuk memanfaatkan momentum hari kemerdekaan untuk melakukan aksinya.

"Oh, tidak akan pernah bisa itu, tidak akan kita biarkan," katanya.

Danlanal menjelaskan, Hari Kemerdekaan harus diisi dengan kegiatan positif, dan momentum untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekan.

Perayaan Hari Kemerdekaan di Karimun diawali dengan upacara peringatan Detik-detik Proklamasi di Coastal Area, Tanjung Balai Karimun.

Bupati Karimun Aunur Rafiq juga membuka berbagai permainan rakyat sebagai salah satu kegiatan untuk menyemarakkan HUT RI ke-72.

Sementara itu, beberapa kawasan pemukiman juga menggelar aneka permainan rakyat, mulai dari panjat pinang, pertandingan olahraga dan kegiatan lainnya.(Antara)

Editor: Evy Ratnawati

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE