Pertamina pastikan pasokan Avtur penerbangan haji cukup

id Pertamina,Avtur,Embarkasi haji

Pertamina pastikan pasokan Avtur penerbangan haji cukup

Petugas mengisi avtur untuk penerbangan keberangkatan haji di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padangpariaman, Sumatera Barat, Selasa (17/7). PT Pertamina MOR I memastikan pasokan avtur di bandara tersebut cukup untuk penerbangan keberangkatan haji tahap 1. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Selain Hang Nadim Batam, Pertamina juga menambah penyaluran avtur untuk Deli Serdang, sekitar 3,5 persen dibanding masa normal.
Batam (Antaranews Kepri) - PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I memastikan pasokan Avtur cukup untuk penerbangan keberangkatan calon jamaah haji Embarkasi Hang Nadim Batam, mulai Selasa.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR I, Rudi Ariffianto melalui pesan whatsapp di Batam, Kepulauan Riau, Selasa, mengatakan penyaluran avtur untuk Bandara Hang Nadim Batam meningkat sekitar 9,2 persen.

"Peningkatan penyaluran Avtur ini dilakukan untuk mendukung kelancaran penerbangan demi mendukung pelaksanaan ibadah para calon jamaah Haji 2018," kata Rudi.

Embarkasi Hang Nadim Batam tahun ini akan memberangkatkan 12.940 calon jamaah haji yang dibagi dalam 27 kelompok terbang dari empat provinsi, yaitu Kepulauan Riau, Riau, Jambi dan Kalimantan Barat.

Calon jamaah haji dari daerah kebanyakan menggunakan transportasi udara menuju Asrama Haji Batam, sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci, dan hanya sedikit di antaranya yang menggunakan transportasi laut.

Selain Hang Nadim Batam, Pertamina juga menambah penyaluran avtur untuk Deli Serdang, sekitar 3,5 persen dibanding masa normal.

Dan yang paling besar adalah penyaluran untuk Depot Pengisian Pesawat Udara Minangkabau International Airport (MIA), Padang yang meningkat menjadi 8.711 KL/bulan dari kondisi normal 4.495 KL/bulan atau naik 93,8 persen.

Meski begitu, rencana pasokan ke bandara MIA diperkirakan menurun dibanding tahun sebelumnya, karena saat itu 10 Kloter dari Lombok transit di sana. Dan tahun ini tidak lagi.

Pertamina telah menyiapkan sejumlah skenario untuk mengantisipasi lonjangan permintaan avtur MIA.

"Untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan avtur di DPPU Minangkabau, kami telah menyiapkan rencana supply tanker ke Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Teluk Kabung sebanyak 4 unit tanker," kata dia.

Pertamina juga menambah 3 unit mobil bridger kapasitas 24 KL sehingga kapasitas maksimal bridger di bandara MIA meningkat menjadi 594 KL per harinya untuk meningkatkan pengangkatan dari TBBM Teluk Kabung.tambahan. (Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE