Bupati Lingga tidak penuhi syarat calon DPD

id Bupati Lingga,alias wello,syarat,calon DPD

Bupati Lingga tidak penuhi syarat calon DPD

Bupati Lingga Alias Wello (Antaranews Kepri/Istimewa)

Tidak memenuhi syarat hingga batas akhir. Ini akan kami laporkan ke KPU RI karena yang berhak menetapkan calon anggota DPD RI itu adalah KPU RI, bukan kami
Tanjungpinang (Antaranews Kepri) - Bupati Lingga, Kepulauan Riau, Alias Wello yang mencalonkan diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah RI dalam Pemilu 2019 tidak memenuhi syarat administrasi yang diminta Komisi Pemilihan Umum.

Komisioner KPU Provinsi Kepulauan Riau, Arison, di Tanjungpinang, Kamis, mengatakan, Alias Wello hingga Rabu (19/9) pukul 24.00 WIB atau batas akhir melengkapi berkas persyaratan belum menyerahkan surat pemberhentian sebagai kepala daerah.

"Tidak memenuhi syarat hingga batas akhir. Ini akan kami laporkan ke KPU RI karena yang berhak menetapkan calon anggota DPD RI itu adalah KPU RI, bukan kami," ujarnya.

Menurut Arison, KPU RI memberi peluang kepada kepala daerah dan wakil kepala daerah yang ingin mencalonkan diri, meski Mendagri tidak menerbitkan surat pemberhentian terhadap mereka.

"Ya, cukup menyerahkan surat pernyataan bahwa kepala daerah tersebut sudah mengajukan surat permohonan pengunduran diri sebagai kepala daerah. Tetapi sampai penutupan tahapan perbaikan berkas persyaratan calon anggota DPD, Alias Wello belum menyerahkan surat tersebut," ucapnya.

Sementara 12 orang lainnya memenuhi persyaratan sebagai calon anggota DPD RI. Mereka adalah Ria Saptarika, Richard H Pasaribu, Hardi S Hood, Alfin, Surya Makmur Nasution, Mustofa Widjaja, Haripinto Tanuwidjaja, Sukhri Farial, Riki Syolihin, Sabar Pandapotan Hasibuan, Dharma Setiawan, dan M Syahrial.

"Hari ini KPU RI akan menetapkan calon DPD RI," katanya.

Terkait rapat pleno penetapan Daftar Caleg Tetap (DCT) Kepri, Arison mengatakan hari ini akan ditetapkan KPU Kepri. "Kami masih memeriksa data masing-masing bakal calon. Sebentara lagi akan ditetapkan dalam rapat pleno," tuturnya.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE