Bawaslu Karimun turunkan ratusan alat peraga kampanye

id bawaslu karimun,masa tenang,alat peraga kampanye,pemilu 2019

Petugas Satpol PP memasukkan alat peraga kampanye yang diturunkan di kawasan Kapling, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, ke dalam truk dalam kegiatan penertiban yang dilakukan, Minggu (14/4). (Antaranews Kepri/Istimewa)

Sudah banyak yang diturunkan oleh pemiliknya, tapi APK yang kita tertibkan hari ini mencapai ratusan, jumlah persisnya masih dihitung. Itu belum termasuk di pulau-pulau lain
Tanjung Balai Karimun (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau menurunkan ratusan alat peraga kampanye yang masih terpampang di berbagai ruas jalan di empat kecamatan di Pulau Karimun Besar, Minggu.

"Selain Bawaslu, Panwascam di semua kecamatan juga turun ke wilayah kerja masing-masing menurunkan alat peraga kampanye yang masih terpasang," kata Ketua Bawaslu Karimun Nurhidayat usai kegiatan pembersihan alat peraga kampanye.

Penurunan alat peraga kampanye dilakukan dengan melibatkan aparat kepolisian, TNI dan Satpol PP dengan menyisiri sejumlah ruas jalan di Kecamatan Karimun, Meral, Tebing dan Meral Barat.

Nurhidayat mengatakan alat peraga kampanye yang ditertibkan terdiri atas baliho dan spanduk dengan berbagai ukuran milik peserta pemilu, baik calon anggota legislatif maupun calon anggota DPD.

"Penertiban APK berjalan dengan lancar dan aman," katanya.

Penurunan APK dilakukan karena tahapan kampanye sudah berakhir terhitung Sabtu (13/4) pukul 00.00 WIB, dan selanjutnya memasuki masa tenang selama tiga hari, atau sampai H-1 hari pemungutan suara.

Menurut Nurhidayat, sebagian partai politik dan peserta pemilu dengan sukarela menurunkan sendiri alat peraga kampanyenya, sebagian diturunkan oleh masyarakat sekitar.

"Sudah banyak yang diturunkan oleh pemiliknya, tapi APK yang kita tertibkan hari ini mencapai ratusan, jumlah persisnya masih dihitung. Itu belum termasuk di pulau-pulau lain," kata dia.

Penurunan alat peraga kampanye diawali dengan apel yang digelar Bawaslu di Coastal Area, Tanjung Balai Karimun. APK yang diturunkan petugas Satpol PP langsung dibawa menggunakan truk milik Satpol PP dan dibawa ke Kantor Bawaslu Karimun.

Baca juga: Bawaslu RI resmikan Teluk Uma kampung pengawasan partisipatif (video)

Baca juga: Teluk Uma jadi kampung percontohan pengawasan pemilu

Baca juga: Bawaslu apresiasi KPU Kepri coret caleg Perindo
Pewarta :
Editor: Kabiro kepri
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar