Natuna ekspor 12,5 ton ikan segar ke Singapura dan Malaysia

id Ekspor ikan

Natuna ekspor 12,5 ton ikan segar ke Singapura dan Malaysia

Kapal nelayan di Natuna, Kepulauan Riau. (ANTARA/Cherman)

Tanjungpinang (ANTARA) -

Nelayan Kabupaten Natuna, Kepri mengekspor 12,5 ton ikan segar senilai Rp355 juta ke negara Singapura dan Malaysia, Kamis.

Ikan segar tersebut dibawa dari Natuna menuju Tanjung Balai Karimun, Kepri menggunakan transportasi laut, kapal KM. Sukses Sejahtera.

"Tiba di Karimun, nanti dibongkar muat lagi ke kapal berikutnya, baru kemudian dibawa ke Singapura dan Malayasia," kata Ketua Koperasi Nelayan Karang Labak, Pulau Tiga, Natuna, Dedek Ardiansyah.

Dia katakan, hasil 12,5 ton ikan segar itu ditangkap sekitar 38 kapal nelayan lokal berkapasitas 10 sampai 30 GT.

"Tiap-tiap kapal terdiri dari tujuh ABK," ujarnya.

Lanjut Dedek, jenis ikan yang diekspor yakni, Kerisi Bali 4.000 kg, Kakap Merah 500 kg, Jahan 3.000 kg, Kerisi 3.500 kg, dan Kerapu 1.500 kg.

Menurutnya ada kecendrungan penurunan harga ikan pada pengiriman kali ini, karena pengaruh pasar di dua negara tujuan ekspor tersebut.

Harga Ikan Kakap yang tadinya Rp80.000 per kg menjadi Rp62.000 per kg, Kerisi Bali Rp35.000 per kg menjadi 22.000 per kg, Kerapu Rp45.000 per kg.

"Harga market ekspor bisa berubah setiap hari, tergantung permintaan pasar," jelasnya.

Sementara untuk harga ikan lokal tetap normal, namun masih dalam tahap pemulihan ekonomi pasca kisruh penolakan karantina WNI dari Wuhan, China di Natuna beberapa hari yang lalu.

"Pembeli belum terlalu ramai, tapi sudah berangsur normal," ucapnya.

Dia pun menegaskan bahwa kualitas ikan yang diekspor tersebut sangat terjamin karena sudah melalui rangkaian pemeriksaan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Domestik di Natuna.

Baca juga: Nelayan Natuna berharap adanya bantuan kapal


Baca juga: Dirjen KKP tegaskan operasi cantrang dilarang

Baca juga: Menteri KKP berjanji bangkitkan lagi Mina Politan Natuna

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE