Proyek Percontohan Fasilitas Air Bersih Diresmikan

id Proyek,Percontohan,Fasilitas,Air,Bersih,resmi,tanjungpinang

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah meresmikan penyediaan air bersih di Tanjungunggat yang merupakan proyek percontohan fasilitas penyediaan air bersih di kota itu.

"Proyek itu masuk dalam program Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan di Indonesia (MP3KI), yang bersumber dari APBN dalam bentuk bantuan langsung masyarakat sekitar Rp1,7miliar," kata Lis Darmansyah di Tanjungpinang, Jumat.

Dia mengemukakan fasilitas tersebut sebagai solusi penyelesaian masalah pokok yang sering dihadapi oleh masyarakat Tanjungunggat pada saat musim kemarau.

Karena menurutnya, ketika terjadi musim kemarau, kondisi air bersih di sumur masyarakat telah berubah rasa, dari payau bahkan terasa asin. Hal ini mengingat Tanjungunggat berada di pesisir yang langsung berbatas dengan laut.

"Secara umum di seluruh Indonesia, persoalan yang sering dihadapi masyarakat wilayah pesisir itu adalah masalah air bersih," kata Lis.

Dia mengatakan Kelurahan Tanjungunggat  mewakili Kota Tanjungpinang masuk dalam 3 lokasi proyek percontohan MP3KI di Kepri, disamping Kota Batam dan Kabupaten Karimun. Tanjungunggat, lanjutnya tepat dijadikan sebagai kawasan percontohan, karena merupakan kampung tua yang perlu dibenahi.

"Program MP3KI yang menyediakan air bersih ini sangat tepat sasaran karena langsung menyentuh kebutuhan masyarakat," ucapnya.

Menurut dia, dengan pengelolaan yang melibatkan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Tanjungunggat Lestari, diharapkan masyarakat komitmen untuk merawat dan bertanggungjawab menjaga fasilitas penyediaan air bersih yang telah dibangun, termasuk merawat 1 unit mobil tangki air yang diberikan melalui program MP3KI.

"Semoga program seperti ini bisa terus ada dan kita  bersama-sama mencari solusi terbaik, khususnya masalah air bersih untuk masyarakat Tanjungpinang," ujarnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE