Malaysia memberikan enam pompa air untuk atasi karhutla di Kalbar

id Indonesia,Kalbar,Malaysia,karhutla,bantuan pompa air

Malaysia memberikan enam pompa air untuk atasi karhutla di Kalbar

Suasana serah terima bantuan enam unit pompa air dari Malaysia untuk penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Barat, Jumat (11/8/2023). (ANTARA/Rendra Oxtora)

Pontianak (ANTARA) - Pemerintah Malaysia memberikan enam unit mesin pompa air kepada Pemerintah Kalimantan Barat (Kalbar) dalam upaya untuk membantu penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di provinsi tersebut.

"Penyerahan bantuan pompa air ini dalam rangka memberikan fasilitas pendukung untuk mengantisipasi penanganan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah Kalimantan Barat," kata Gubernur Kalbar Sutarmidji di Pontianak, Kalbar, Jumat.

Menurut Sutarmidji, bantuan tersebut juga merupakan bentuk komitmen dan cerminan hubungan baik yang telah terbangun antara Indonesia dan Malaysia sebagai negara serumpun dan berbatasan langsung.

Selain itu, kerja sama antara Indonesia, khususnya Pemerintah Kalbar, dan Malaysia juga sudah sering dilakukan.

"Yang jelas, kita sebagai negara yang bertetangga terus berusaha untuk menjaga dan meningkatkan kerja sama di bidang apa pun; termasuk saat COVID-19 kemarin, kami mengalami kelangkaan oksigen dan itu berkat kerja sama dengan Konsulat Malaysia, tak lebih dari 24 jam kami sudah bisa mendatangkan oksigen bagi masyarakat yang membutuhkan," kata Sutarmidji.

Baca juga:
Gubernur Jambi segera mengambil langkah untuk tangani karhutla
956 hektare lahan di Riau terbakar

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE