40 atlet Kepri lolos PON, KONI semakin optimistis perbaiki peringkat

id koni kepri, pon, usep rs, kepri, koni

40 atlet Kepri lolos PON, KONI semakin optimistis perbaiki peringkat

Ketua Umum KONI Kepri, Usep RS. (ANTARA/ HO-KONI Kepri)

Batam (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia Kepulauan Riau (KONI Kepri) semakin optimistis dapat memperbaiki peringkat perolehan medali di PON 2024, seiring makin banyaknya atlet yang lolos ajang pesta olahraga empat tahunan itu.

Ketua Umum KONI Kepri, Usep RS mengatakan saat ini tercatat 40 atlet dari 13 cabang olahraga (cabor) dengan 40 atlit serta 35 nomor pertandingan telah lolos untuk mengikuti PON.

"Ini menjadikan KONI Kepri optimis menyongsong PON yang akan datang di Aceh-Sumut pada September 2024," kata dia.

Tidak hanya itu, lanjut Usep, masih terdapat 22 cabang olahraga lagi yang akan mengikuti Pra PON, di antaranya cabang unggulan yang selama ini menyumbangkan medali bagi kontingen Kepri. 
   
"Layar, biliar, tarung derajat, sepak takraw, dan juga cabang baru yang selama ini sukses di ajang nasional seperti jujitsu menjadi harapan menambah cabang olahraga lolos serta atlit nantinya," kata dia.

Usep juga menjelaskan mengenai Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) yang akan segera diselenggarakan.

"Ingat juga untuk Porwil  yang akan berlangsung di Pekanbaru pada 4-14 November yang akan datang, ada beberapa cabang olahraga yang diprediksikan meloloskan atlit dan nomor yang diikuti," kata dia melanjutkan.

Ia mengatakan cabang olahraga lain yang berpotensi antara lain E Sport, wushu, barongsai dan yang lainnya tentu menjadi harapan. 

"Apalagi jika cabang olahraga sepakbola lolos PON ini menjadi kebanggaan dan juga prestasi bahwa untuk pertama kalinya sepakbola Kepri lolos PON," kata dia.

Dalam kesempatan itu, ia berharap pemerintah dapat menambah anggaran bidang olahraga guna meningkatkan kemampuan dan menambah jam terbang lewat uji coba serta kenyamanan bagi atlit dan pelatih untuk mempersiapkan diri mengikuti ajang nasional lewat PON. 

Jika itu terwujud, maka Usep RS yakin pada PON yang akan datang kontingen Kepri bisa memperbaiki peringkat sekaligus mengharumkan nama Kepri di tingkat nasional.

Sementara itu, ia mengatakan, persiapan Porwil XI di Riau sudah dimulai sesuai surat dari PB Porwil.

Ia optimistis, Kepri bisa menorehkan prestasi masuk lima besar, sesuai dengan target.

"Dukungan dari gubernur dan DPRD Kepri sangat besar, untuk meraih prestasi dalam ajang multi event se-Sumatra," kata dia.

Kadispora Kepri Moch Ikhsan, apresiasi dengan pencapaian yang diraih kontingen Kepri dalam ajang Pra PON dari 18 cabang olahraga bisa meloloskan 13 cabang olahraga dapat tiket PON XXI 2024 Aceh-Sumut.

Menurut dia, Gubernur Kepri Ansar Ahmad juga memberikan atensi besar, apalagi di cabang olahraga golf Kepri meloloskan 3 atlit di PON 2024.

"Pak Ansar sebagai Ketua Umum Asprop PSSI Kepri, Sepak bola di ajang Porwil harus lolos PON, karena persiapan sudah melakukan seleksi dan terpilih pemain terbaik se-Kepri dan untuk TC akan di lakukan di Yogyakarta selama dua bulan," ujar Ikhsan.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE