Dinkes Natuna pastikan layanan kesehatan tetap buka saat libur Lebaran

id Siaga lebaran ,Puskesmas,Posko siaga lebaran

Dinkes Natuna pastikan layanan kesehatan tetap buka saat libur Lebaran

Puskesmas Ranai Kabupaten Natuna. (ANTARA/Muhamad Nurman)

Natuna (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau memastikan pelayanan kesehatan di instalasi gawat darurat (IGD) Puskesmas dan rumah sakit umum daerah (RSUD) tetap buka selama cuti bersama dan libur Lebaran atau Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Meskipun poli tutup, IGD di RSUD dan puskesmas yang ada rawat inap tetap dibuka dan pelayanan tetap berjalan," ucap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna Hikmat Aliansyah di Natuna, Sabtu.

Selain itu, ia juga memastikan kebutuhan obat di setiap puskesmas tersedia pasalnya pihaknya sudah mengirimkan obat ke setiap puskesmas yang ada di daerah tersebut.

Ia menambahkan, Pemkab Natuna telah menanggung iuran BPJS Kesehatan warganya. Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu khawatir untuk berobat.

"Insyaallah tidak ada kekurangan, kalaupun puskesmas butuh (kurang), petugas kami di instalasi farmasi siap untuk mendistribusikannya," ujar dia.

Ia menambahkan, pihaknya juga menyiapkan tenaga kesehatan di posko terpadu untuk siaga selama cuti bersama dan libur Lebaran.

"Kita bergabung dengan Polres, di sana (Posko Terpadu Lebaran)," imbuh dia.

Terpisah, Kepala Puskesmas Ranai Dr Nazri mengatakan puskesmas yang dirinya pimpin merupakan puskesmas non rawat inap.

Oleh karena itu, pelayanan kesehatan di IGD puskesmasnya tidak dibuka.

Meski demikian sambung dia, petugas atau tim gawat darurat tetap ada jika diperlukan.

"Karena status Puskesmas Ranai sudah berubah dari rawat inap ke non-rawat inap, maka yang buka hanya ruang bersalin saja," ucap dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE