KPU Karimun bekali PPK teknis pemungutan suara

id KPU Karimun,pemungutan suara,rekapitulasi suara,pemilu 2019,eko purwandoko

Ketua KPU Karimun Eko Puwandoko (Antaranews Kepri/Rusdianto)

Selain 60 anggota PPK untuk 12 kecamatan, pembekalan juga diikuti pegawai sekretariat masing-masing PPK yang digelar di Gedung Nasional
Tanjung Balai Karimun, Kepri (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau membekali Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) teknis pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi perolehan suara Pemilu 17 April 2019.

"Pembekalan kita berikan agar seluruh PPK benar-benar siap menjalankan tugas," kata Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko di Tanjung Balai Karimun, Kamis.

Eko Purwandoko mengatakan selain 60 anggota PPK untuk 12 kecamatan, pembekalan tersebut juga diikuti pegawai sekretariat masing-masing PPK yang digelar di Gedung Nasional, Tanjung Balai Karimun hari ini.

Mereka tidak hanya mendapatkan teori, tetapi langsung mempraktekkan tata cara pemungutan, penghitungan hingga rekapitulasi perolehan suara.

Dijelaskannya, teknis pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara untuk Pemilu 2019 tidak jauh berbeda dengan Pemilu 2014.

Dan sebagian besar anggota PPK, menurut dia, memang sudah berpengalaman karena pernah menjadi anggota PPK pada Pemilu 2014 atau pilkada.

"Tapi pembekalan harus dilakukan karena ada beberapa perbedaan yang harus mereka ketahui, seperti formulir C5 untuk pemilih pindahan yang berbeda dengan Pemilu 2014, dalam formulir ini mencantumkan kolom-kolom jenis surat suara," katanya.

Dia berharap seluruh PPK benar-benar menguasai tata cara pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi, tiga hal pokok yang harus dilakukan dalam Pemilu 2019.

Pembekalan dan bimbingan teknis ini, menurut dia, dilakukan secara berjenjang, dan akan dilanjutkan dengan pembekalan untuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS).

"Untuk tahap awal PPK dulu, baru nanti tingkatan di bawahnya," kata dia.
Pewarta :
Editor: Kabiro kepri
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar