630 peserta adu kehebatan dalam Lomba Jong Timah di Kundur

id Lomba perahu jong,PT Timah

630 peserta adu kehebatan dalam Lomba Jong Timah di Kundur

Lomba perahu jong dalam ajang Festival Bahari Kepri 2019. (ANTARA/Ogen)

Tanjung Balai Karimun (ANTARA) - Sebanyak 630 peserta akan mengadu kehebatan dalam mengendalikan jong, sejenis perahu layar mini dalam Lomba Jong yang digelar PT Timah Tbk di Pantai Ketapang, Pulau Kundur, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, Sabtu-Minggu (21-22/12). 

"Peserta yang mendaftar melebih target. Target kita 600, tapi yang mendaftar sebanyak 630 peserta," kata ketua panitia Lomba Jong, Ahmad yang dihubungi dari Tanjung Balai Karimun, Kamis.

Ahmad mengatakan, Lomba Jong yang digelar di Pantai Ketapang tersebut sepenuhnya disponsori PT Timah Tbk, namun penyelenggaraannya diserahkan kepada nelayan yang mengetahui teknis pelaksanaan Lomba Jong.

Menurut dia, Lomba Jong digelar dalam dua kategori, yakni Jong panjang dan Jong pendek. Lomba Jong merupakan permainan tradisional di kalangan nelayan. Jong merupakan perahu layar mini yang diadu kecepatannya dalam lomba.

"Jong yang paling cepat dan sampai ke garis 'finish' yang ditetapkan panitia berhak menjadi pemenang. Jadi, perlu keahlian peserta untuk membaca arah angin agar Jong berlayar sesuai arah yang ditetapkan panitia," kata dia.

Peserta yang mendaftar, kata dia, tidak hanya berasal dari Karimun, juga ada yang berasal dari Riau seperti dari Serapung, Penyalai, bahkan ada yang dari Malaysia.

"Ada tiga peserta dari Malaysia yang mendaftar. Kalau dari Tanjungpinang tidak ada, karena pendaftaran sudah kita tutup mengingat yang mendaftar sudah melampaui target," kata Ahmad.

Baca juga: Wakil dari Malaysia ikut lomba jong Karimun

Baca juga: Festival Jong Race disejalankan dengan lomba menyanyi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE