Kemenkes: Waspadai peningkatan kasus dengue

id kemenkes,dengue,dbd,el nino,cuaca ekstrem,3m plus dbd,kementerian kesehatan,dampak elnino

Kemenkes: Waspadai peningkatan kasus dengue

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes Imran Pambudi ketika hadir dalam Peringatan ASEAN Dengue Day 2023 di Jakarta, Senin (12/6/2023). (ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan mengimbau semua pihak mewaspadai potensi peningkatan kasus dengue di Tanah Air, sebagai dampak El Nino atau sebuah fenomena pemanasan suhu muka laut yang menyebabkan terjadinya kekeringan.

“Dengan adanya El Nino kita takut kejadiannya meningkat, makanya di awal 2023 kita sudah keluarkan Surat Edaran (SE) untuk mengingatkan seluruh pemerintah daerah. Kita khawatir akan terjadi lonjakan kasus,” kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes Imran Pambudi di Jakarta, Senin.

Imran menuturkan berdasarkan sebuah kajian yang Kemenkes miliki, frekuensi nyamuk untuk menggigit akan meningkat tiga sampai lima kali lebih ganas ketika suhu di sebuah negara semakin memanas di atas 35 derajat Celcius.

Baca juga: Karantina Pertanian Batam pastikan 499 sapi dari Kupang sehat

Dengan kondisi kekeringan yang dibawa oleh El Nino, dikhawatirkan air-air yang ada di dalam sebuah wadah atau tertampung dalam sebuah genangan jadi tidak tergantikan. Hal ini membantu nyamuk menemukan breeding place atau tempat bagi nyamuk Aedes aegypti penyebab dengue berkembang biak.

“El Nino ini memang siklus, kita sejak awal tahun sudah menyampaikan ke dinas kesehatan daerah agar berhati-hati. Mereka harus bersiap selalu memonitor bagaimana pemberantasan sarang nyamuknya untuk ditingkatkan,” kata dia.

Dalam data kumulatif Kemenkes sampai dengan minggu ke-22 tahun 2023 saja, Kemenkes sudah menemukan ada 35.694 kasus dengue, dengan 270 kematian akibat dengue dalam kurun waktu yang sama. Imran mengimbau semua pihak untuk berhati-hati karena kasus dengue banyak ditemukan di usia anak-anak.

Baca juga: Riau siapkan anggaran Rp54 miliar bagun rumah layak huni

Guna mencegah kasus semakin meningkat, Imran menekankan bahwa hal terpenting dari mengatasi dengue terletak pada upaya pencegahanya. Saat ini Kemenkes menggencarkan sosialisasi terkait pentingnya pemberantasan sarang nyamuk.

Dimana sosialisasi digencarkan melalui kampanye 3M Plus yakni menguras dan menyikat, menutup tempat penampungan air, memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas dan mencegah gigitan dan perkembangbiakan nyamuk.

“Kalau fogging kami tidak terlalu rekomendasikan karena itu lebih ke arah reaksi, kalau ada kasus baru kita fogging. Kalau sekarang yang penting adalah jangan sampai ada jentik nyamuk. Kemudian kita sampaikan kalau daerahnya ada banyak tanaman, dianjurkan pakai lotion atau (vaksin) bivalen, hal-hal itu yang melindungi,” kata dia.

Baca juga:
Lanud RSA Natuna tambah 19 personel jaga udara NKRI

BPBD Kepri ingatkan warga tidak membuang puntung rokok sembarangan

Diskominfo Kepri ingatkan humas harus bisa memverifikasi berita bohong

Dinkes sebut PKK dan posyandu berperan penting tangani stunting di Kepri

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenkes: Waspadai dampak El Nino yang picu kasus dengue meningkat

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE