Pemkab Natuna gelar bimbingan teknis penyusunan register risiko

id Bimtek penyusunan resiko,natuna, kepri, kepulauan riau

Pemkab Natuna gelar bimbingan teknis penyusunan register risiko

Asisten III Bidang Administrasi Umum Natuna Tasrif saat berfoto bersama peserta bimtek di gedung wanita Jalan Batu Sisir Kecamatan Bunguran Timur. (ANTARA/Muhamad Nurman)

Natuna (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Natuna Kepulauan Riau menggelar bimbingan teknis (bimtek) penyusunan register risiko pada perangkat daerah di lingkungan Pemkab Natuna.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Natuna Tasrif di Natuna, Selasa mengatakan kegiatan itu bertujuan memberikan pemahaman kepada pegawai Pemkab Natuna dalam menyediakan informasi risiko bagi organisasi sehingga dalam pelaksanaan kegiatan organisasi dapat melakukan upaya agar risiko tersebut tidak terjadi atau mengurangi dampak yang merugikan daerah.

"Agar pejabat dapat mencapai target perjanjian kerja dan meminimalkan terjadinya kesalahan dalam pelaksanaan kegiatan," ucapnya.

Ia menjelaskan jika risiko bisa diminimalkan. Natuna kembali berpeluang mendapatkan penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Baca juga:
Tim gabungan padamkan kebakaran hutan di Natuna

KPU Natuna akan bangun gedung kantor baru


"Alhamdulillah pengelolaan keuangan daerah sangat baik, hal ini ditunjukkan dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama enam tahun berturut-turut," kata Tasrif.

Oleh karena itu ia berharap peserta bimtek mengikuti kegiatan itu dengan maksimal.

"Untuk itu dengan adanya Bimtek ini diharapkan seluruh perangkat daerah mulai ambil peduli dam waspada terhadap apa itu risiko dan bagaimana cara mengatasinya sehingga pengelolaan keuangan daerah dan pencapaian tujuan Kabupaten Natuna dapat diselenggarakan secara optimal," harap Tasrif.

Sementara, Inspektur Inspektorat Natuna, Robertus selaku ketua penyelenggara mengatakan kegiatan itu dilaksanakan selama dua hari yakni 17-18 Oktober 2023.

Baca juga:
KPU Natuna ingatkan kampanye di tempat pendidikan harus berizin

Pemkab Natuna beri hibah tanah dan bangunan pada DJPb Kanwil Kepri


Ia menjelaskan bimtek dirancang dengan tujuan agar peserta memahami dan mampu membantu pimpinan dalam mengimplementasikan manajemen risiko dengan mengacu pada peraturan pemerintah.

"Jumlah peserta sekitar 100 orang yang berasal dari Dinas, Badan dan Kecamatan dil ingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna," ucapnya.

Adapun pemateri dari kegiatan itu kata dia, yakni Korwas APD Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kepulauan Riau.

"Bimtek akan menggunakan metode ceramah, diskusi dan latihan implementasi penyusunan register risiko pada perangkat daerah Kabupaten Natuna," tambah Robertus.

Baca juga:
Polda Kepri pastikan personel siap amankan proses tahapan Pemilu 2024

Pemkot Batam atasi kenaikan harga kebutuhan pokok dengan gelar operasi pasar

Ratusan anak muda Kepri ikuti Gali Ilmu Literasi Digital

Neraca perdagangan di Kepri surplus 134 juta dolar AS

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE